Senin, 08 April 2013

Malware, Virus, Worm & Spyware, The Silent Killer

ISTILAH Malware, Virus, Worm & Spyware kerap kita dengar seiring perkembangan teknologi komputer. Ketiganya membawa efek negatif yang mengganggu, bahkan merugikan aktivitas komputasi. Perangkat lunak Anti Virus menjadi solusi ampuh untuk mengatasi gangguan yang ditimbulkan oleh ketiganya. Namun apa sebenarnya Malware, Virus, Worm & Spyware, apakah ketiganya berbeda? Lalu apa dampak serangan ketiganya di perangkat Komputer? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, mari kita berkenalan dengan Malware, Virus, Worm dan Spyware.



Malware.
Malware yang merupakan kependekan dari kata malicious software adalah perangkat lunak yang digunakan atau diciptakan untuk mengganggu sistem kerja komputer, mengambil informasi, maupun mengambil ahli akses pribadi dalam sistem komputer. Kata Malware digunakan sebagai istilah umum yang mengacu pada perangkat lunak yang memiliki beragam sifat merusak dan juga merugikan pengguna. Nah, Virus, Spyware, Adware, Trojan, dan juga Worms, adalah Malware.
Malware bukan software yang dibuat cacat atau mengandung bugs sehingga merusak komponen komputer, sebaliknya malware justru dibuat sempurna untuk sengaja memberikan gangguan maupun merusak sistem komputer. Dalam beberapa kasus malware juga kerap dikeluarkan oleh pengembang software untuk digunakan sebagai alat percobaan terhadap sistem keamanan. Saat ini malware telah beredar di hampir semua belahan dunia dalam berbagai jenis malware. Mulai dari digunakan untuk sekedar mengganggu, hingga yang bertujuan untuk mencuri data penting dari instansi bank maupun pemerintahan.

Virus, Worm & Spyware.
Jenis malware yang terkenal didunia adalah virus dan worms. Bahkan kata virus sendiri saat ini umum digunakan sebagai pengganti istilah malware. Virus merupakan malware yang memiliki karakteristik menggunakan software executable (program atau software yang memerlukan konfirmasi dari pengguna untuk menjalankan funsinya) untuk menginfeksi sistem komputer. Virus akan menyebar pada program executable lain dalam sistem.
Sedangkan worm merupakan malware yang dapat secara otomatis melakukan aktivitas pada dirinya yang masuk ke dalam sistem komputer. Tak hanya itu, worm juga dapat masuk ke komputer lain melalui jejala internet. Berdasarkan riset pada tahun 2003, mayoritas penyebaran virus dan worm bertujuan untuk mengambil alih kontrol komputer dari pengguna. Komputer yang terinfeksi ini akan digunakan untuk menyebarkan beberapa konten terselubung melalui aplikasi email (email spam) maupun memanfaatkan koneksi jaringan internet yang terhubung dengan komputer.
Spyware juga merupakan malware yang berbahaya, hanya saja spyware tidak memiliki efek merusak atau mengganggu sistem komputer. Spyware kerap digunakan si pengirim atau pembuatnya untuk mencari keuntungan dengan mencuri data-data penting dari komputer orang lain. Spyware tidak memiliki kemampuan menyebar atau menginfeksi komputer seperti virus dan worms, spyware kerap hadir dalam aplikasi pihak ketiga (third party). Ketika aplikasi ini dipasang, spyware akan masuk sebagai bagian dari aplikasi dan segera memonitor aktivitas sistem komputer.
selain virus, worms dan juga spyware masih ada lagi jenis-jenis malware yang dapat membahayakan aktivitas komputasi kita. Jenis-jenis malware ini kebanyakan merupakan pengembangan dari virus dan worms. Untuk melawan malware sangat dianjurkan mengguanakan software anti-virus,  dan yang paling penting tidak sembarangan mengunduh/men-Download dan meng-Install aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Yang menarik, malware yang dibuat untuk sistem operasi tertentu tidak dapat digunakan untuk menyerang sistem operasi yang lain. Contohnya, Windows tidak dapat menyerang sistem Mac OS X dan juga Fedora. Saat ini OS Windows masih menjadi sasaran terbesar para pembuat malware, belakangan malware untuk Mac OS X juga terus meningkat. Jadi Waspadalah, Waspadalah, Waspadalah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Widgets